DEFINISI INTERFACE
Dalam penggunaan
umum, sebuah antarmuka atau interface adalah sebuah titik,
wilayah, atau permukaan di mana dua zat atau benda berbeda bertemu; dia juga
digunakan secara metafora untuk perbatasan antara benda.
Kata interface juga memiliki arti khusus:
- Antarmuka pengguna adalah fungsi dan atribut sensor dari suatu sistem (aplikasi, perangkat lunak, kendaraan, dll) yang berhubungan dengan pengoperasiannya oleh pengguna.
- Dalam elektronik dan teknik komputer, sebuah antarmuka dapat berarti:
- Batasan fisik dari dua subsistem atau alat.
- Sebuah bagian atau sirkuit di beberapa subsistemyang mengirim atau menerima sinyal ke atau dari subsistem lainnya: antarmuka jaringan, antarmuka video, kartu network.
- Sebuah standar yang menjelaskan sebuah himpunan karakteristik yang berfungsi, karakteristik interkoneksi fisik umum, dan karakteristik signal untuk pertukaran data atau signal; antarmuka USB, antarmuka SCSI.
Antarmuka pengguna, dalam bidang desain industri
interaksi manusia-mesin, adalah sebuah tempat di mana interaksi antara manusia
dan mesin terjadi. Tujuan dari interaksi antara manusia dan mesin pada
antarmuka pengguna adalah pengoperasian dan kontrol mesin yang efektif, dan
umpan balik dari mesin yang membantu operator dalam membuat keputusan
operasional. Contoh-contoh dari konsep luas antarmuka pengguna ini termasuk
aspek-aspek interaktif dari sistem operasi komputer, alat-alat, kontrol
operator mesin berat, dan kontrol proses. Pertimbangan desain berlaku ketika
membuat antarmuka pengguna yang berkaitan atau melibatkan disiplin-disiplin
ilmu seperti ergonomi dan psikologi
Sebuah antarmuka pengguna adalah sistem di mana
pengguna berinteraksi dengan mesin. Antarmuka pengguna mencakup perangkat keras
dan perangkat lunak. Antarmuka pengguna hadir untuk berbagai sistem, dan
menyediakan cara untuk:
Input,
memungkinkan pengguna untuk memanipulasi sebuah sistem
Output,
memungkinkan sistem untuk menunjukan efek dari manipulasi pengguna
Secara umum, tujuan dari teknik interaksi
manusia-mesin adalah untuk menghasilkan sebuah antarmuka pengguna yang
membuatnya mudah, efisien, dan menyenangkan untuk mengoperasikan sebuah mesin
dengan cara yang menghasilkan hasil yang diinginkan. Ini biasanya berarti bahwa
operator harus menyediakan input minimal untuk mencapai output yang diharapkan,
dan juga bahwa mesin harus meminimalkan output yang tidak diinginkan.
Dalam hubungannya dengan perangkat lunak, interface dapat diartikan sebagai sarana
atau medium atau sistem operasi yang digunakan untuk menghubungkan antara
perangkat mikroprosesor agar dapat berkomunikasi dengan pengguna (user).
Sedangkan pada konteks perangkat keras interface berarti komponen elektronika
yang menghubungkan atau mengkomunikasikan prosesor dengan komponen atau
perangkat lain dalam suatu sistem.
Interface (antarmuka) adalah salah satu layanan yang
disediakan system operasi sebagai sarana interaksi antara pengguna dengan
system operasi. Antarmuka adalah komponen system operasi yang bersentuhan
langsung dengan pengguna. Terdapat dua jenis antarmuka, yaitu Command Line
Interface (CLI) dan Graphical User Interface (GUI).
CLI adalah tipe interface dimana pengguna berinteraksi dengan system operasi
melalui text terminal. Pengguna menjalankan perintah dan program system operasi
tersebut dengan cara mengetikan baris-baris tertentu.
Meskipun konsepnya sama tiap-tiap system operasi memiliki nama atau istilah
yang berbeda untuk CLI-nya. UNIX memberi nama CLI-nya sebagai bash, ash, ksh,
dan lain sebagainya. Microsoft Disk Operating System (Ms. DOS) member nama
command.com atau Command Prompt. Sedangkan pada Windows Vista, Microsoft
menamakannya dengan PowerShell. Pengguna Linux sebagai terminal, sedangkan pada
Apple namanya adalah commandshell.
GUI adalah tipe antarmuka yang digunakan oleh pengguna untuk berinteraksi
dengan system operasi melalui gambar-gambar grafik, ikon menu, dan menggunakan
perangkat petunjuk (pointing device) Seperti mouse dan track ball.
Elemen-elemen utama dari GUI bias diringkas dalam konsep WIMP (window. Icon,
menu, pointing device).
Fitur Antar
Muka Penguna Telematika Dalam Antar Muka Telematika terdapat 6 jenis fitur
yaitu:
1. Head Up Display System Merupakan
sebuah tampilan transparan yang menampilkan data tanpa mengharuskan
penggunaannya untuk melihat ke arah yang lain dari sudut pandang biasanya.
2. Tangible User Interface Antarmuka
dimana seseorang dapat berinteraksi dengan informasi digital lewat lingkungan
fisik.
3. Computer Vision Merupakan ilmu
pengetahuan dan teknologi dari mesin yang melihat.
4. Browsing Audio Data Browsing audio
data adalah kemampuan mesin untuk mencari data dengan menggunakan input audio
5. Speech Recognition Merupakan salah
satu fitur antarmuka telematika yang merubah suara menjadi tulisan
6. Speech Synthesis Merupakan hasil
kecerdasan buatan dari pembicaraan manusia.
- Tujuan Interface
Tujuan sebuah
interface adalah mengkomunikasikan fitur-fitur sistem yang tersedia agar user
mengerti dan dapat menggunakan sistem tersebut. Dalam hal ini penggunaan bahasa
amat efektif untuk membantu pengertian, karena bahasa merupakan alat tertua
(barangkali kedua tertua setelah gesture) yang dipakai orang untuk
berkomunikasi sehari-harinya. Praktis, semua pengguna komputer dan Internet
(kecuali mungkin anak kecil yang memakai komputer untuk belajar membaca) dapat
mengerti tulisan.
Meski pada
umumnya panduan interface menyarankan agar ikon tidak diberi tulisan supaya
tetap mandiri dari bahasa, namun elemen interface lain seperti teks pada
tombol, caption window, atau teks-teks singkat di sebelah kotak input dan
tombol pilihan semua menggunakan bahasa. Tanpa bahasa pun kadang ikon bisa
tidak jelas maknanya, sebab tidak semua lambang ikon bisa bersifat universal.
Meskipun
penting, namun sayangnya kadang penggunaan bahasa, seperti pemilihan istilah,
sering sekali dianggap kurang begitu penting. Terlebih dari itu dalam dunia
desain situs Web yang serba grafis, bahasa sering menjadi sesuatu yang nomor
dua ketimbang elemen-elemen interface lainnya.
Tujuan sebuah
interface adalah mengkomunikasikan fitur-fitur sistem yang tersedia agar user
mengerti dan dapat menggunakan sistem tersebut. Dalam hal ini penggunaan bahasa
amat efektif untuk membantu pengertian, karena bahasa merupakan alat tertua
(barangkali kedua tertua setelah gesture) yang dipakai orang untuk
berkomunikasi sehari-harinya. Praktis, semua pengguna komputer dan Internet
(kecuali mungkin anak kecil yang memakai komputer untuk belajar membaca) dapat
mengerti tulisan.
Interface ada
dua jenis, yaitu :
1.
Graphical
Interface : Menggunakan unsur-unsur multimedia (seperti gambar, suara, video)
untuk berinteraksi dengan pengguna.
2.
Text-Based
: Menggunakan syntax/rumus yang sudah ditentukan untuk memberikan perintah.
Pada komputer sendiri interface mempunyai fungsi
penting dalam menghubungkan mikroprosesor secara langsung dengan piranti yang
ingin dijalankannya. Diperlukan suatu teknik untuk mengantarmukakan
(interfacing) pemroses utama dengan piranti dari luar.
Teknik ini dapat digunakan melalui :
1. Perangkat Lunak, berupa program
yakni suatu prosedur tertentu untuk menjalankan piranti. Dalam dunia computer program
ini lebih dikenal dengan Driver/Installer. Adapula perangkat lunak yang
dimasukkan kedalam perangkat keras yang disebut Firmware.
2. Perangkat Keras, yakni berupa piranti khusus mulai
dari serpih (IC) yang terintegrasi dalam sebuah papan induk (Chipsets-Onboard),
berupa sebuah port atau bahkan terintergrasi kedalam papan yang ditancapkan
pada system bus (Card).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar